5 Tempat Jual Beli Online (Market Place) Terbaik di Indonesia

Ni mboh~


Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, kini internet sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, khususnya masyarakat perkotaan. Dengan pengguna internet yang semakin meningkat dari waktu ke waktu tren belanja online pun semakin meningkat pula. Banyak orang memilih berbelanja online karena belanja online menawarkan banyak keuntungan, diantaranya kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli suatu produk. Bagi penjualpun tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa tempat usaha, hanya dengan modal promosi di internet sudah cukup untuk menggaet para pembeli. Yups, berjualan secara online tidak harus memiliki modal, kita bisa memanfaatkan media sosial atau marketplace yang mengizinkan kita promosi secara gratis. Marketplace atau tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online bisa menjadi alternatif ketika kita terkendala modal, khususnya modal untuk sewa tempat. Di Indonesia ada banyak situs jual beli online yang membantu mempertemukan antara penjual dan pembeli. Berikut ini Spongeblog Network sajikan 5 Marketplace terbaik di Indonesia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Tokobagus.com (Sekarang OLX.co.id)
Kenapa saya masih menyebut Tokobagus.com, karena tokobagus merupakan tempat jual beli online yang cukup akrab ditelinga kita. Itu dibuktikan sebelum berubah menjadi OLX, tokobagus.com ditahun 2012 dinobatkan sebagai toko online paling popular dan mendapatkan penghargaan The Most Popular Online Shop Brand. Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei di beberapa kota besar di Indonesia. Menurut data, hingga saat ini pengunjung tokobagus (sekarang olx.co.id) mencapai  800 ribu – 1 juta per hari, Dengan angka tersebut, tentu saja sangat potensial bagi kita untuk menjual suatu produk, bagi pembelipun dengan banyaknya produk, bisa dengan mudah mencari apa saja yang dibutuhkannya. Tapi tentunya, pembeli harus berhati hati karena tidak sedikit penjual yang tidak jujur/menipu.Baca juga : Kaget, Tokobagus.com kini menjadi OLX.co.id


2. Forum Jual Beli (FJB) Kaskus – 
Siapa yang tidak mengenal Kaskus.com. Kaskus.com merupakan forum online terbesar di Indonesia. Selain forum online, Kaskus juga menyediakan forum jual beli online yang dinamai FJB Kaskus. Tentunya FJB Kaskus ini memfasilitasi bertemunya penjual dengan pembeli. Dengan trafik yang besar setiap harinya menjadikan kaskus sebagai tempat potensial bagi kita untuk menjual produk secara online. Sama seperti tempat jual beli online lainnya, pembeli harus berhati-hati ketika akan membeli produk di FJB ini. Saya menyarankan anda untuk melakukan COD an (cost on delivery) atau menggunakan fasilitas Rekber ketika sahabat melakukan transaksi. Setahu saya FJB Kaskus juga menyediakan Rekber untuk keamanan dan kenyamanan pembeli dan penjual.


3. Berniaga.com
Selain kedua situs diatas, ada juga Berniaga.com. Anda juga mungkin sudah familiar dengan situs ini, karena situs ini sering muncul di iklan televisi. Berniaga sangat potensial baik untuk menjual produk maupun bagi yang sedang mencari produk. Marketplace ini rata-rata mendapatkan 436 ribu kunjungan setiap harinya, situs ini juga berada di peringkat 24 Alexa.



4. Tokopedia.com
Berbeda dengan ketiga diatas, Tokopedia menawarkan sistem yang menurut saya paling aman, karena Tokopedia menerapkan sistem rekber. Artinya setiap pembelian harus dilakukan di rekening milik Tokopedia. Selain menerapkan rekber, situs yang didirikan di bulan Agustus 2009 ini menerapkan juga konsep online mall. Sistem ini menurut saya sangat menguntungkan baik penjual maupun pembeli, bagi pembeli merasakan aman dan bagi penjual tidak harus menghitung ongkir dan total harga, semuanya sudah secara otomatis dilakukan oleh sistem tokopedia. Dengan sistem yang baik dan gratis menjadikan tokopedia sebagai situs jual beli online yang cukup terkenal di Indonesia.


5. Bukalapak.com
Bukalapak.com merupakan situs yang menerapkan sistem payment sistem, sistem ini menjamin pembeli dan penjual bebas dari resiko penipuan online. Dengan demikian baik penjual dan pembeli merasa aman dan nyaman ketika melakukan transaksi. Sebagai informasi tambahan, bukalapak.com terkenal sebagai tempat penjualan sepeda online, sehingga bukalapak.com berani mengklaim sebagai marketplace sepeda terbesar di Indonesia.Itulah 5 marketplace atau situs jual beli online terbaik versi Spongeblog Network.  Bagi anda yang ingin memulai menjual produk secara online bisa  mempertimbangkan untuk menggunakan situs-situs tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "5 Tempat Jual Beli Online (Market Place) Terbaik di Indonesia"